SMP NEGERI 1 ULAWENG

Selamat datang kepada seluruh pengunjung blog SMP Negeri 1 Ulaweng, khususnya para siswa yang sedang melaksanakan tugas mata pelajaran TIK. Gunakanlah blog ini sebagai sarana pembelajaran online.

SMP NEGERI 1 ULAWENG

Selamat datang kepada seluruh pengunjung blog SMP Negeri 1 Ulaweng, khususnya para siswa yang sedang melaksanakan tugas mata pelajaran TIK. Gunakanlah blog ini sebagai sarana pembelajaran online.

SMP NEGERI 1 ULAWENG

Selamat datang kepada seluruh pengunjung blog SMP Negeri 1 Ulaweng, khususnya para siswa yang sedang melaksanakan tugas mata pelajaran TIK. Gunakanlah blog ini sebagai sarana pembelajaran online.

SMP NEGERI 1 ULAWENG

Selamat datang kepada seluruh pengunjung blog SMP Negeri 1 Ulaweng, khususnya para siswa yang sedang melaksanakan tugas mata pelajaran TIK. Gunakanlah blog ini sebagai sarana pembelajaran online.

SMP NEGERI 1 ULAWENG

Selamat datang kepada seluruh pengunjung blog SMP Negeri 1 Ulaweng, khususnya para siswa yang sedang melaksanakan tugas mata pelajaran TIK. Gunakanlah blog ini sebagai sarana pembelajaran online.

Sabtu, 22 Juni 2013

Langkah-Langkah Aktivasi Akun Padamu Negeri

Langkah-Langkah Aktivasi Akun Operator Sekolah pada Situs http://padamu.kemdikbud.go.id untuk VerVal NUPTK

  1. Dinas Pendidikan setempat akan memberikan surat aktivasi akun PADAMU kepada operator sekolah.
  2. Selanjutnya, operator sekolah diwajibkan untuk segera melakukan aktivasi. Pada surat aktivasi akun PADAMU telah disertakan User ID dan Kode Aktivasi.
  3. Lihat Contoh Surat Aktivasi Akun PADAMU untuk Operator Sekolah di bawah ini: 
Contoh Surat Aktivasi Akun untuk Operator Sekolah untuk VerVal NUPTK
  • Lihat Contoh Surat Aktivasi Akun PADAMU untuk Operator Sekolah di bawah ini: 
  • Buka halaman http://padamu.kemdikbud.go.id
  • Klik menu LOGIN
  • Klik tombol AKTIVASI AKUN SEKOLAH, lihat gambar berikut agar jelas:

Cara Aktivasi Akun Operator Sekolah di situs http://padamu.kemdikbud.go.id untuk VerVal NUPTK 
  • Isilah formulir SIAP ID dengan USER ID, kemudian isilah KODE AKTIVASI dengan kode aktivasi. Kedua tertera di Surat Aktivasi Akun yang diberikan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Lihat gambar berikut untuk jelasnya:

           Cara Aktivasi Akun Operator Sekolah di situs http://padamu.kemdikbud.go.id untuk VerVal NUPTK 2

Akan muncul tampilan gambar sebagai berikut :
Cara Aktivasi Akun Operator Sekolah di situs http://padamu.kemdikbud.go.id untuk VerVal NUPTK 3
  • Isilah password sesuai keinginan anda, ulangi password, lalu isi alamat email anda yang bisa dihubungi bila anda LUPA PASSWORD nanti.
  • Selanjutnya akan muncul halaman berisi formulir profil pribadi Operator Sekolah. Isi semuanya dengan lengkap dan benar. Lihat gambar berikut:
Cara Aktivasi Akun Operator Sekolah di situs http://padamu.kemdikbud.go.id untuk VerVal NUPTK 4
  • Berikutnya akan muncul formulir isian profil sekolah. Di sini anda harus mengisi secara lengkap. Perhatikan gambar berikut:
  • Bila semua isian telah lengkap, silakan Klik tombol LANJUT di sudut kanan bawah halaman.
  • Berikutnya anda akan dibawa ke halaman Penentuan Lokasi Sekolah pada Peta (Map). Lihat Gambar berikut:
Cara Aktivasi Akun Operator Sekolah di situs http://padamu.kemdikbud.go.id untuk VerVal NUPTK 6
  • Jika anda telah melakukan penentuanlokasi sekolah pada halaman pilih koordinat ini, maka silakan tekan tombol LANJUT.
  • Terakhir akan terbuka halaman Konfirmasi berikut:



  • Baca semua data yang tertera pada Halaman Konfirmasi. Bila sudah benar, anda dapat mengklik tombol SIMPAN.
  • Demikian yang dapat kami bagi pada posting kali ini, yaitu tentang Cara Aktivasi Akun Operator Sekolah di situs http://padamu.kemdikbud.go.id untuk keperluan VerVal NUPTK. Semoga bermanfaat.

Verifikasi Validasi NUPTK dan EDS Terintegrasi 2013

Bertepatan di Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2013, situs Layanan PADAMU NEGERI BPSDMPK-PMP resmi dirilis dengan semangat membangkitkan Pelayanan Publik Prima, bukan sekedar Pelayanan Birokrasi, kepada Dunia Pendidikan Indonesia.
Kami himbau kepada semua pemilik NUPTK untuk mencari data masing-masing di situs ini dan mempersiapkan diri dalam proses VerVal Ulang NUPTK mulai 3 Juni 2013 sesuai jenis Formulir VerVal Ulang ke Admin Dinas Kab/Kota atau Admin Sekolah Induk masing-masing.
Bagi Admin Dinas dan Sekolah-Sekolah dapat mulai mengaktifkan akun login masing-masing. Surat Login PADAMU NEGERI Admin Dinas dapat diambil di LPMP setempat. Dan Surat Aktifasi Akun Login PADAMU NEGERI setiap sekolah dapat diambil dari Admin Dinas masing-masing.
Mohon bantuan dan pengertian bagi seluruh pihak untuk saling mendukung dan bersinergi membantu proses distribusi dan aktifasi akun login masing-masing.
Hormat Kami
Tim Admin Pusat
PADAMU NEGERI INDONESIA-ku
BPSDMPK-PMP KEMDIKBUD 2013
TENTANG NUPTK
NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan) merupakan kode identitas unik yang diberikan kepada seluruh Pendidik (Guru) dan Tenaga Kependidikan (Staf) di seluruh satuan pendidikan (Sekolah) di Indonesia.
NUPTK dibangun oleh Direktorat Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PMPTK) Depdiknas tahun 2006.
Seiring dengan program Reformasi Birokrasi, NUPTK sejak tahun 2011 dikelola oleh Sekretariat Badan Pengembangan SDM Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMPK-PMP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Dalam perkembangannya, NUPTK menjadi syarat utama yang harus dimiliki oleh seluruh PTK se-Indonesia untuk dapat mengikuti program-program Kementrian lainnya, antara lain:
Sertifikasi PTK
Uji Kompetensi PTK
Diklat PTK, dan
Aneka Tunjangan PTK
MENGAPA HARUS VERVAL ULANG NUPTK 2013?


NUPTK yang dikelola oleh PMPTK sejak tahun 2006 - 2010 kemudian dikelola oleh BPSDMPK-PMP sejak 2011 menjadi kode referensi utama untuk dapat mengikuti berbagai program pengembangan PTK yang dilaksanakan oleh Kemdikbud, antara lain: Sertifikasi, Uji Kompetensi, Diklat, dan Aneka Tunjangan PTK lainnya.
BPSDMPK-PMP yang bertanggungjawab sepenuhnya terhadap pengelolaan NUPTK sangat berkepentingan melakukan VerVal Ulang NUPTK 2013 dalam rangka meningkatkan penjaminan mutu pendidikan nasional khususnya para PTK.
Dengan peran aktif PTK dalam melaksanakan program VerVal Ulang NUPTK periode 2013 ini. BPSDMPK-PMP dapat membantu progress penjaminan peningkatan mutu para PTK dengan lebih obyektif, transparan, akurat dan berkesinambungan.
Data PTK hasil VerVal Ulang NUPTK yang dikelola oleh BPSDMPK-PMP akan menjadi sumber referensi utama untuk pelaksanaan program-program peningkatan mutu PTK yang dilaksanakan oleh Direktorat Kemdikbud terkait pada tahapan selanjutnya.
APA MANFAAT BAGI PTK?
Setiap PTK diberi akun login untuk dapat memutakhirkan data personal masing-masing setiap saat setiap waktu darimana saja secara online 24 jam.
Setiap PTK akan diberi fasilitas media jejaring sosial untuk saling berbagi, berkomunikasi dan berkolaborasi antar PTK se-Indonesia.
Setiap PTK akan memiliki Kartu Digital NUPTK yang uptodate di http://padamu.kemdikbud.go.id/kode_nuptk (dalam proses pengembangan)
Setiap PTK akan diberi fasilitas ruang penyimpanan (storage) online untuk menyimpan beragam arsip dokumen secara digital seperti: Ijazah, Sertifikat, Piagam-Piagam, Surat Tugas, dan lain sebagainya (dalam proses pengembangan) PENGAJUAN NUPTK BARU 2013
Melalui Layanan Sistem Informasi PADAMU NEGERI akan diterbitkan layanan khusus Pengajuan NUPTK Baru secara Online. Layanan Pengajuan NUPTK Baru hanya berlaku bagi para PTK yang belum pernah mengajukan NUPTK atau sudah pernah mengajukan namun belum menerima NUPTK.
Gambaran secara umum, mekanisme Pengajuan NUPTK Baru 2013 akan dilaksanakan dengan pengisian Formulir Pengajuan NUPTK Baru secara online langsung oleh PTK bersangkutan. Selanjutnya PTK mencetak isian Formulir Online tersebut dan dilengkapi syarat berkas dokumen lain untuk diserahkan ke Admin Dinas Pendidikan Kab/Kota setempat.
catatan:
Informasi lebih rinci terkait Tata Cara dan Petunjuk Teknis Pengajuan NUPTK Baru akan tersedia bulan Juni 2013 
TENTANG EDS
Evaluasi Diri Sekolah (EDS) telah dilaksanakan sejak tahun 2010 oleh Pusat Penjaminan Mutu Pendidikan (PPMP) BPSDMPK-PMP. Program EDS dilaksanakan secara periodik setiap tahun dengan mendistribusikan instrumen kuisoner kepada responden di setiap sekolah. Hasil dari pengisian instrumen kuisoner tersebut menjadi dasar dari proses analisa mutu pendidikan mulai dari tingkat sekolah, tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi hingga tingkat nasional.
Pada tahun 2010 program EDS melibatkan 10.000 sekolah, pada tahun 2011 melibatkan 29.000 sekolah, pada tahun 2012 melibatkan 39.000 sekolah. Pada tahun 2013 ini direncanakan melibatkan seluruh sekolah se-Indonesia dari mulai jenjang SD, SMP, SMA dan SMK baik negeri dan swasta khususnya dibawah naungan Kementrian Pendidikan Pendidikan dan Kebudayaan.
PROGRAM EDS 2013
Mulai tahun 2013, pelaksanaan EDS menjadi salah satu bagian dari Layanan Sistem Informasi PADAMU NEGERI BPSDMPK-PMP Kemdikbud. Instrumen Kuisoner EDS didistribusikan untuk dapat diisi secara online langsung dari Internet oleh para responden, antara lain: Kepala Sekolah, Pendidik (Guru), Tenaga Kependidikan (Staf), Peserta Didik (Siswa) dan Komite Sekolah. Data para responden dijaga kerahasiannya oleh sistem dan hasil isian instrumennya secara otomatis akan tersimpan terpusat di server Layanan Sistem Informasi PADAMU NEGERI.
catatan:
Petunjuk Teknis Program EDS akan tersedia bulan Juni 2013
Setiap Sekolah akan diberikan akun login ke Layanan Sistem Informasi PADAMU NEGERI. Pihak Sekolah selanjutnya dapat membuat dan mendistribusikan akun login kepada para kepala sekolah, guru, staf, siswa dan komite sekolah agar dapat mengakses dan berpartisipasi aktif mengisi instrumen kuisoner EDS masing-masing secara online.
Hasil analisa dari isian instrumen kuisoner EDS akan disediakan secara online untuk dapat diakses oleh setiap sekolah, dinas pendidikan kabupaten/kota, dinas pendidikan provinsi dan direktorat Kemdikbud. Seluruh informasi tersebut dapat diakses melalui Layanan Sistem Informasi PADAMU NEGERI di http://padamu.kemdikbud.go.id
Tata cara entry verivikasi validasi NUPTK 2013
Masukan nama/nuptk saudara dan kabupaten maka otomatis akan mendeteksi formulir A03 saudara unduh A03 dari alamat diatas ikuti alur dan prosedur verivikasi validasi nantinya diserahkan ke dinas kabupaten /kota dan nantinya A01 baru bisa dicetak dan diserahkan OPS masing2 sekolah untuk mengentry ke sistem http://padamu.kemdikbud.go.id

PANDUAN ENTRI BOS ONLINE 2013




Buka alamat website : http://bos.kemdikbud.go.id/

Kemudian akan muncul tampilan seperti gambar :
Setelah itu masukan kode registrasi dan password kemudian klik tombol “masuk”, dan akan muncul tampilan seperti berikut :

Setelah selesai memasukan datanya kemudian klik tombol simpan untuk menyimpan data secara online.


Kemudian langkah selanjutnya


Lanjut.....



Hasil petunjuk operator/CS telp 0-800-140-1299 dan 0-800-140-1276 Jika terjadi masalah tentang logging di http://bos.kemdiknas.go.id/ silahkan email ke: pelaporan.bos@gmail.com dengan menyebutkan nama sekolah, nmr registrasi dan npsn

Tidak Bisa Login BOS Online ( Pengaduan Bos Online )


Login BOS Online
Hasil petunjuk operator/CS telp 0-800-140-1299 dan 0-800-140-1276. Jika terjadi masalah tentang logging di http://bos.kemdiknas.go.id/ silahkan email ke: pelaporan.bos@gmail.com dengan menyebutkan nama sekolah, nomor registrasi dan npsn.

Trick Mengganti Tampilan Utama Aplikasi Dapodik

Buat para OP kalian pasti bosan dengan yang namanya APLIKASI DAPODIK. Untuk mengatasi rasa bosan atau jenuh kalian bisa mengganti wallpaper ( tampilan utama aplikasi dapodik ). Jadi kalau lembur biar ada sedikit hiburan hehehehehe kalian bisa mengganti tampilan aplikasi yang biasanya seperti gambar di bawah ini.
Tampilan Utama Aplikasi Dapodik
Dengan gambar atau foto sesuai dengan keinginan kalian bisa di ganti dengan foto pacar, istri, anak, ataupun foto dewan guru di sekolahan masing-masing. Mungkin foto narsis kalian juga bisa hehehe

Caranya begini bro :
  1. Buka aplikasi Pendataan di disk C ( tergantung waktu kalian instal pertama kalian taruh disk mana )
  2. Buka folder resources
  3. Folder images di buka
  4. Cari gambar aplikasi pendataan pendidikan 
  5. Kemudian Edit gambar tersebut Menggunakan paint, microsoft office picture,Adobe Photoshop apa aja bisa
  6. Pilih gambar yang kamu inginkan
  7. Hasil edit di save kembali dalam folder images dengan tetap nama file ( aplikasi-pendataan-splash ) jangan di rename. Type Gambar PNG loh... jangan JPG 
  8. Tunggu hasilnya Mudah kan
  9. Silakan buka aplikasi Dapodik seperti biasnya dan lihat hasilnya WOW.... mantap hehehe
Berikut hasilnya seru bukan....

Hasilnya Keren kan.....
Dapodik Suburman hehehe
Hahahahahaseg Narsis dulu ach....
Setiap membuka aplikasi pendataan gambar yang anda ingin kan pasti akan muncul contohnya seperti ini,,

Download Seluruh Database Aplikasi Pendataan Dapodik 2013





Download Seluruh Database Aplikasi Pendataan Dapodik saat ini berbeda dengan beberapa bulan yang lalu. Server pendataan di http://pendataan.dikdas.kemdikbud.go.id/ mengalami perubahan privasi, saat kita ingin mendownload data lama muncul keterangan  "Mohon download file yang terakhir dikirim. Thx"

Perubahan di server dapodik tersebut membuat beberapa operator sekolah mengalami kendala. operator membutuhkan database lama yang digunakan untuk menginput jika data terbaru yang dikirim terjadi kesalahan atau hanya ingin membandingkan antara file database baru dan lama.

Untuk anda yang ingin Mendownload Seluruh Database Aplikasi Pendataan Dapodik berikut langkah - langkahnya :


1. Buka manajemen pendidikan dasar di Manajemen Pendataan
2. Masuk di register pengiriman
3. Download file yang terakhir dikirim.


4. Klik kanan pada file unduhan dan salin tatuan unduhan


5. Paste hasil salinan di alamat situs, dan gantikan nama file dengan nama file yang sedia di kotak bawah ini. dan tekan enter :) 

Apa itu SIAP Online ? Aplikasi Pendidikan Siap Online



Jika kami diminta mengajukan sebuah pernyataan dalam satu kalimat singkat, maka berikut ini pernyataan kami:

“SIAP Online menyediakan total solusi layanan aplikasi online terpadu untuk dunia pendidikan Indonesia”.

SIAP Online hadir memadukan beragam sistem dan aplikasi online yang dibutuhkan oleh sekolah, guru, siswa, dan orangtua/wali siswa dengan instan tidak merepotkan (Daftarkan segera akun SIAP Online Anda dengan mudah).


SIAP Online mampu mengelola data dan informasi pendidikan dengan lebih cepat, mudah, akurat, terpadu dan berkesinambungan dari mulai tingkat sekolah, dinas pendidikan kota, kabupaten, propinsi hingga pusat (depdiknas). Semua kemampuan yang tersedia sangatlah terjangkau, berbiaya investasi rendah dengan nilai manfaat sangat tinggi (Pelajari selengkapnya alasan utama Anda menggunakan SIAP Online).

Kemampuan SIAP Online jauh lebih unggul daripada produk sejenis lainnya (Pelajari dan bandingkan).Dengan menggunakan model SaaS (Software as a Services) dan dukungan teknologiKomputasi Awan (Cloud Computing) terkini, SIAP Online mampu memberikan total solusi layanan aplikasi online pendidikan dengan BANYAK KEUNTUNGAN untuk Anda, yaitu:



Keuntungan :
Mudah Tanpa Instalasi
  • SIAP Online 100% berbasis web !
  • Langsung pakai, mudah, cepat, instan dan tidak repot.
  • Hanya dengan PC/Laptop yang terkoneksi Internet, Anda dapat mengakses semua fasilitas layanan dari SIAP Online.

Akses 24 Jam
  • SIAP Online aktif 24 jam !
  • Tersedia setiap saat, akses kapan saja dan dari mana saja melalui Handphone, Laptop & Komputer.
  • Berbagi data dan informasi antar sekolah, guru, siswa dan para ortu/wali menjadi lebih menyenangkan, cepat, akurat dan nyaman.

Gratis Pemutakhiran
  • SIAP Online bebas biaya pemutakhiran !
  • Selalu terbarukan dengan perkembangan teknologi terkini.
  • Biarkan para pengembang (developer) profesional kami yang bekerja memutakhirkannya tanpa membebani dan merepotkan Anda.
  • Pengguna Tidak Terbatas

SIAP Online pusat sinergi komunitas pendidikan !
  • Akses untuk semua guru, siswa dan para ortu/wali siswa se-Indonesia
  • Berapapun jumlah mereka di sekolah Anda. Silakan, beri mereka akun akses ke layanan SIAP Onlline dengan bebas.
  • Semua kemampuan tersebut bisa Anda dapatkan dengan GRATIS (Bebas Biaya)


Download Software Aplikasi BOS Terbaru 2013



Download Software Aplikasi BOS Terbaru
Tampilan Utama Aplikasi BOS


Pelaporan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sering kali menyita banyak waktu. Software Aplikasi Laporan Keungan Terpadu (LKT) BOS 2013 akan bisa membantu petugas bendahara (pengelola) BOS dalam menyusun laporan. Sekolah membuat laporan realisasi penggunaan dana BOS setiap triwulan. Laporan tersebut disimpan di sekolah untuk keperluan monitoring dan audit sebagai bentuk pertanggungjawaban penggunaan dana.

Program BOS secara umum bertujuan untuk meringankan beban masyarakat terhadap pembiayaan pendidikan dalam rangka wajib belajar 9 tahun yang bermutu. Sedangkan secara khusus program BOS bertujuan untuk membebaskan pungutan bagi seluruh siswa setingkat SD sampai SMP, serta meringankan beban biaya operasi sekolah.




Sesuai dengan Petunjuk Teknis (Juknis) BOS 2013 yang sudah dikeluarkan Kemendikbud, Tim Pengelola BOS Sekolah memiliki tugas dan tanggung jawab untuk:
Mengisi, mengirim dan meng-update data pokok pendidikan (Formulir BOS- 01A, BOS-01B dan BOS-01C) secara lengkap kedalam sistem yang telah disediakan oleh Kemdikbud.
Membuat RKAS yang mencakup seluruh sumber penerimaan sekolah (Formulir BOS-K1 dan BOS-K2).
Mengumumkan besar dana yang diterima dan dikelola oleh sekolah dan rencana penggunaan dana BOS (RKAS) di papan pengumuman sekolah yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah, Bendahara dan Ketua Komite Sekolah (Formulir BOS-03).
Mengumumkan penggunaan dana BOS di papan pengumuman (Formulir BOS-04).
Membuat laporan realisasi penggunaan dana BOS triwulanan (Formulir BOS-K7 dan BOS-K7A).
Melakukan pembukuan secara tertib (Formulir BOS-K3, BOS-K4, BOS-K5 dan BOS-K6).
Memasang spanduk di sekolah terkait kebijakan pendidikan bebas pungutan (Formulir BOS-05).
Menandatangani surat pernyataan tanggung jawab yang menyatakan bahwa BOS yang diterima telah digunakan sesuai NPH BOS (Lampiran Format BOS-K7). 


Semua komponen di atas mulai (1.) Perencanaan (Penyusunan RKAS, BOS K-1, BOS K-2, BOS-03); (2.) Pelaksanaan (BOS K-3, BOS K-4, BOS K-5, BOS K-6, Kwitansi, Kwitansi Buku); (3.) Pelaporan (BOS K-7, Lampiran BOS K-7, BOS K-7a, BOS K-8, SPJ, BOS 05) telah tersedia pada Software Aplikasi BOS Terbaru.


Aplikasi BOS ini cukup mudah digunakan karena hanya memakai Program MS Office Excell yang sudah banyak dikenal dan dipakai. Yang harus dilakukan hanyalah melakukan input perencaan dan input pelaksanaan ke dalam Software Aplikasi BOS Terbaru. Setelah input dilakukan semua format BOS seperti disebut di atas akan terisi secara otomatis. Seluruh komponen pelaporan Aplikasi BOS ini telah disesuaikan dengan Juknis BOS 2013. Bagi Anda yang ingin download Software Aplikasi Laporan Keungan Terpadu (LKT) BOS 2013, silahkan klik tautan ini:




Jika Anda kesulitan mendownload pada link yang pertama, dapat menggunakan miror link. Jangan lupa baca juga Panduan Penggunaan Software BOS  yang ada dalam folder hasil download-an. Saat membuka software aplikasi, jangan lupa untuk mengubah Options pada Security Warning Macros have been disable, pilih Enable this content.


Mulai tahun 2013, Tim Pengelola BOS Sekolah bertugas dan bertanggung jawab untuk memasukkan data penggunaan dana BOS setiap triwulan ke dalam sistem online melalui www.bos.kemdikbud.go.id. Dengan pelaporan dana BOS secara online berarti menambah tugas bendahara sekolah dalam mengelola dana BOS.

CARA MENGATASI DATABASE DAPODIK HILANG ATAU RUSAK

Salam Operator...........

Sebagai sesama operator Sekolah, saya ingin berbagi pengalaman yang mungkin berguna bagi sobat semua.
Mungkin yang membaca artikel ini sedang mengalami kehilangan database Dapodik? :)

Database Dapodik bisa saja hilang disebabkan beberapa faktor:


  1. Lupa menyimpan
  2. Komputer rusak
  3. Hardisk rusak
  4. Dimakan virus

Kalo sudah begini pasti bikin pusing 7 keliling khan?....
solusinya yach.. terpaksa ketik ulang atau input ulang hehe2x

Kalo mau database Dapodik anda kembali ada beberapa ritual yang musti dijalani (kaya' dukun ae).

  1. Mandi kembali 7 rupa (kalo nggak ada, ya di cat aja kembange)
  2. Pakai minyak wangi (jangan minyak goreng...)
  3. Siapin rokok/kopi + jajan/snack (lembur lagiiii..)
  4. Jangan bilang pada Kepala Sekolah Kalo datanya hilang (entar di marain)


Udah ah bercandanya. Kembali ke Laptop:
1. Buka link http://pendataan.dikdas.kemdiknas.go.id
2. Login dengan user dan password yang sama dengan yang di pakai pada saat input data Dapodik kemarin
3. Jika berhasil masuk pastikan itu Sekolah anda > klick "Sekolah"
4. Klick "Register Pengiriman"
5. Klick database yang paling atas/tanggal terakhir anda kirim
6. Klick Download Database
7. simpan di tempat yang mudah di cari misal: D:\
8. Ambil sebatang rokok (rokok an dulu aahhhhh)
9. Minum kopi dulu.
Istirahat dulu... biar nggak stress......................................... :)

Ok. lanjut:
10. Instal ulang Aplikasi Dapodik yang versi terakhir
11. Kalo nggak punya download disini http://infopendataan.dikdas.kemdiknas.go.id/new/index.php/c/pg/panduan-aplikasi
12. Kalo nggak bisa install tanya ke teman yang bisa
13. Saya anggap Aplikasi sudah terinstal
14. Buka Aplikasi dan masukan NO. Registrasi Sekolah anda dan user serta password yang sama dengan semula
15. Setelah berhasil Login dan masuk ke database Sekolah anda
16. Tutup Aplikasinya
17. Buka folder "C:\Aplikasi Pendataan" di komputer anda
18. Buka folder "data"
19. Hapus file "data.db" (jangan salah)
20. Copy database yang sudah di download tadi dan masukan ke folder "data"
21. Ganti nama database yang di download tadi dengan "data.db"
22. Jalankan kembali Aplikasi Pendataan
23. Login seperti biasanya
24. Tre teng teng.................................. :)

Sumber  : http://www.wawansubagyo.web.id/2013/04/solusi-database-dapodik-hilang-atau.html

MENCARI DATA PNS (PEGAWAI NEGERI SIPIL)


Jaman semakin canggih cukup didepan layar komputer kita sudah bisa kemana-mana. Tidak ketinggalan dalam mencari data cukup tanya Mbah Google kita sudah tau tidak usah jauh-jauh ke kantor ataupun kemana-mana cukup di depan layar komputer.Dalam kesempatan ini kami berbagi bagaimana cara mencari data PNS,kalau dulu kita harus ke BKN atau BKD tapi cukup anda disini dan 18 digit NIP baru :
Isi kolom NIP baru dengan 18 digit tanpa spasi kemudian klik tampilan
Kemudian akan muncul data anda
Mudah kan cari data Kita atau orang lain tanpa jauh-jauh ke BKN dan BKD " Selamat Mencoba "

Cara Memperbaiki Data Guru (PTK) Bermasalah 2013


Tampilan utama di web PTK

Sudahkah Bapak Ibu mengecek data dirinya yang ada di Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (DIREKTORAT P2TK DIKDAS)? Seperti diberitakan sebelumnya, mulai tahun 2013 penerbitan SK Tunjangan Profesi (SK TP) bagi guru yang sudah bersertifikat akan didasarkan pada Data Pokok Kependidikan (DAPODIK).
Sampai saat ini masih saja banyak ditemukan data guru atau PTK yang masih banyak bermasalah. Dan banyak pertanyaan muncul terkait pendataan guru atau PTK, sampai-sampai DIREKTORAT P2TK DIKDAS membuat laman web, yang memberikan informasi yang banyak ditanyakan oleh guru atau PTK, agar tidak banyak pertanyaan serupa yang masuk ke emailnya (cekdataguru.dikdas@gmail.com)
Diantara salah satu dari banyak data PTK yang bermasalah adalah guru atau PTK sudah input data kode sertifikasi, tetapi mengapa masih invalid data yang ada di nomer 17? Ini terjadi karena data sertifikasi diambil dari basis data Sertifikasi/NRG dari BPSDMP & PMP. Namun kode NUPTK guru atau PTK yang bersangkutan belum tercantum di basis data NRG yang ada pada Dit.P2TK Dikdas dan akan coba mengupdate data. Di saat yang sama guru atau PTK tersebut juga dapat menanyakan kepada yang bersangkutan.
Data yang juga banyak dipermasalhkan adalah Jumlah Jam Mengajar (JJM) guru atau PTK kok selalu kosong terus atau salah? Jawaban dari DIREKTORAT P2TK DIKDAS adalah Data mengajar diambil dari modul rombel di Aplikasi Pendataan, untuk itu terus update data tersebut. Khusus untuk kepala sekolah, JJM diambil data jam tugas tambahan dari jabatan PTK di kolom jabatan. Untuk jabatan lainnya sementara ini kami ambil dari daftar PTK Terdaftar, yang muncul pada saat penambahan PTK di kolom tugas ptk. 
Ada juga pertanyaan seperti ini;
Pertanyaan: "Masa kerja saya masih salah, sehingga gaji pokok juga salah"
Jawaban: Karena keterbatasan formulir Dapodik, data SK berkala dan data MKG tidak bisa kami dapatkan sehingga kami menghitung dari TMT Pengangkatan dan/atau TMT PNS. Tentu saja ini belum memperhitungkan faktor honorer/CPNS dll ataupun sistim perhitungan masa kerja segaris. Ke depan kami akan bekerjasama dengan BKN sehingga dapat diperoleh data yang paling akurat.
Selengkapnya, tentang data-data yang masih banyak dinggap bermasalah dan penyebab atau jawabannya bisa dilihat di http://116.66.201.163:8083/info_faq.php Perbaikan data guru atau PTK yang masih bermasalah hanya bisa dilakukan dengan Aplikasi Pendataan Sekolah oleh operator dapodik sekolah masing-masing yang kemudian hasil perbaikan data tersebut dikirim kembali ke server DAPODIK, untuk diproses lebih lanjut.
Ada beberapa server & proses yang dilalui oleh data sebelum masuk database PTK. Jika data telah dikirim, tunggu beberapa waktu sampai proses transfer data selesai. Jika pengiriman data dari aplikasi dapodik berhasil, data di web akan berubah dalam beberapa waktu sebagaimana telah terjadi pada guru-guru lainnya.

Cara Pelaporan Penggunaan Dana BOS Online 2013




Ada sedikit perbedaan antara Petunjuk Teknis atau JUKNIS BOS 2013 dengan sebelumnya. Perbedaan itu salah satunya terlihat dari perintah untuk memperbarui Data Pokok Pendidikan (Dapodik) sekolah seperti yang sudah berlangsung selama ini.
Melalui Aplikasi Pendataan Sekolah data yang sudah diperbarui tersebut dikirim secara online. Dapodik akan digunakan sebagai sebagai dasar perencanaan dalam pelaksanaan program yang bersifat transaksional, seperti : penyaluran dana BOS, rehab, tunjangan guru, dan subsidi siswa miskin.
Mulai tahun 2013 seperti yang tercantum pada JUKNIS BOS 2013, Tim Manajemen BOS Sekolah bertugas dan bertanggung jawab untuk memasukkan data penggunaan dana BOS setiap triwulan kedalam sistem online melalui www.bos.kemdikbud.go.id. Dengan pelaporan dana BOS secara online berarti menambah tugas bendahara sekolah dalam mengelola dana BOS
Langkah-langkah pemasukan laporan dana BOS Online
1. Kunjungi website BOS Kemendikbud di sini
2. Untuk login ketikan Kode Registrasi Sekolah, dan Passwordnya adalah NPSN.
Kode registrasi adalah sama seperti kode registrasi sekolah yang digunakan Aplikasi Pendataan Sekolah
3. Setelah berhasil, tekanlah tombol "Ubah" kemudian masukkanlah data penggunaan dana BOS menurut 13 komponen
4. Jika sudah selesai mengisi data tekan tombol "Simpan". Data tsb akan terekam di sistem pelaporan.
5. Tekanlah "Log out" untuk keluar dari menu pemasukan data.
Jika Bapak Ibu mengalami masalah silahkan email ke: pelaporan.BOS@gmail.com dengan menyebutkan nama sekolah, Kode Registrasi dan NPSN 

Langkah-langkah Sukses Buat Data DAPODIK



Pendataan Dapodik/Dikdas untuk semester 2 tahun pelajaran 2012/2013 sudah mulai bisa di kerjakan untuk itu ayo segera di kerjakan karena data ini nantinya akan menyangkut penerbitan SKTP ( Surat Keterangan Tunjangan Profesi ) 

Berikut langkah-langkahnya :

1. Gunakan Versi 13.0.1 bisa donwload Disini
2. Isikan BIODATA Sekolah kita 
3. Pastikan Data PTK anda terdaftar di NUPTK
4. Isi Biodata Sesuai dengan SK terlampir 
- Tgl Pengangkatan Awal Mengajar 
- SK PNS Pertama
- SK SK Pangkat Terakhir
- SK Kenaikan Gaji Berkala
- Masukan NRG
- No Sertifikat Sertifikasi beserta Matpel
- Ijazah terakhir
- Hingga Komplit 

DSB
5. Input Data Siswa 
6. Input Sarana, Prasarana dan 
7. Rombel mengajar (sesuaikan dengan KBM dan sertifikat Sertifikasi)
8. Cek data
9. Doa
10.Lalu Kirim
11.Cek di http://pendataan.dikdas.kemdikbud.go.id/ Hingga Status Berhasil di prosses 1x24jam 
12.lalu buka http://p2tkdikdas.kemdikbud.go.id/ Insyaallah kalau Data anda sesuai pasti bisa kebuka
Selamat Mencoba 
NB : Kalau ingin tanya jawab atau sharing bisa gabung di grup Operator Dikdas Se-Indonesia ini https://www.facebook.com/groups/infopendataan.dikdas/

Aplikasi Pendidikan ( Software Pendidikan ) Gratis



Berikut ini ada Software Pendidikan yang bisa membantu para pendidikan maupun para siswa SD, SMP dan SMA agar lebih semangat belajar :

  1. WorldWide Telescope 2.2
  2. ELCAD 7.2
  3. Rekentest – Software Pendidikan Gratis Untuk Praktek Keterampilan aritmatika
  4. Software Kalkulator Ilmiah Sicyon Lite v4.5
  5. Animals for Kids 2.1
  6. ELearning Software
  7. Chinese Toolbox FREE 9.1.2
  8. TS School 2010.0.0
  9. Gogle Translate Desktop
  10. Chem DigiT; Kalkulator Kimia
  11. Electronics dan Mechanics 10
  12. Portable Balabolka 1.32.0.463 (Text to Speech)
  13. Electrical Calculations Software (Software Perhitungan Listrik)
  14. TinyPiano v0.8e
  15. ChemToolBox 1.0.1; Software Kimia
  16. 3D Graphing Calculator – An Amazing Kalkulator Gratis untuk Windows
  17. WordWeb – Program Kamus Gratis untuk Anak atau Dewasa
  18. Memulai dengan C / C + +
  19. Convert Center 1.1 Software untuk mengkonversi ukuran
  20. Paradox : Bahasa program untuk database
  21. Belajar Refleksi Melalui Komputer
  22. PCB Artist Layout Software 1.2.4 : Sebuah software untuk mendisain PCB Elektronik
  23. Celestia Portable : Software mempelajari tentang tatasurya
  24. Holy Quran Software 1.0
  25. Anatomy Illustrator 1.0.0 : Software mempelajari tentang anatomi tubuh manusia
  26. Pengenalan Proteus (Software simulasi & desain PCB)
  27. Beberapa Software Matematika
  28. BoneLab 1.0.3.4 : Software mempelajari tentang rangka manusia
  29. PCB Disain Software : Software untuk membuat disain PCB
  30. Smart Draw : Software untuk membuat rangkaian Listrik
  31. Menghitung Besar Resistor
  32. Software Mate-matika
  33. TransTool versi 6 + Crack Transtool
  34. Belajar Linux
  35. Bermain Piano Di komputer
  36. Kamus Inggris Indonesia
  37. Software Matematika Untuk Anak SD
  38. Software Penghitung Satuan
  39. Kamus Jawa Indonesia
  40. Aksara Jawa
  41. Software Melatih Mengetik Cepat
  42. Cara Menginstall Windows Xp
  43. Alkitab Elektronik
  44. Software Mengetik dengan 10 Jari
TUTORIAL DAN APLIKASI YANG ADA DI DAFTAR ATAS BISA KALIAN DONWLOAD KLIK DISINI 
Semoga Bermanfaat :D

Aplikasi Penerimaan Siswa Baru ( PSB ) Gratis !!!

CO-PSB 2.0 adalah software aplikasi yang bisa digunakan untuk membantu memudahkan proses pendaftaran siswa baru yang dilengkapi dengan proses penerimaan dan seleksi dan diproses langsung oleh komputer, serta dilengkapi dengan menu pembayaran dan tunggakan setelah siswa mendaftar dan diterima.

Fitur :



Menu dari Aplikasi PSB adalah:

  1. MENU MASTER digunakan untuk memasukkan IDENTITAS SEKOLAH, SETTING TAHUN AJARAN , SETTING PEMBAYARAN yang berisi item – item pembayaran yang harus dibayar oleh calon siswa maupun siswa pendafatar atau yang telah diterima oleh sekolah.
  2. MENU PENDAFTARAN adalah menu yang digunakan untuk proses memasukkan data CALON SISWA YANG MENDAFTAR di sekolah, lengkap dengan syarat-syaratnya.
  3. MENU PENERIMAAN adalah menu yang digunakan untuk memproses seleksi siswa yang masuk yang bisa dipilih berdasarkan NEM atau hasil TEST yang terbesar.
  4. MENU DAFTAR ULANG, digunakan untuk memasukkan PEMBAYARAN yang harus dibayar oleh SISWA YANG DITERIMA.

Untuk memakainya silahkan anda Download, Program ini Free/Gratis, Tidak untuk di Jual Klik Disini


Pengajuan NISN 2013

BERIKUT INI CARA MENGAJUKAN NISN TAHUN 2013



  • Buka alamat ini dan unduh formulir A1 KLIK DISINI
  • Isikan data siswa pada format tersebut jangan sesekali merubah format pada excel dan patuhi aturannya Poman pengisian bisa di unduh KLIK DISINI
  1. Dengan Menggunakan Format yang bisa di download dari web nisn dengan alamat :                    http://nisn.data.kemdiknas.go.id disimpan atau Save as dengan nama : Nomor NPSN-Nama sekolah contoh: 12345678-SDN Gotong      Royong  Save As type harus : Excel 97-2003 Workbook
  2. Untuk memasukan data NISN ke file PDF anda copy dulu data pada isian A1 pada format dari server  NISN pusat lalu copy paste pada format excel dengan paste special dan nanti dibubuhi tanda tangan KS dan di scan ingat ukuran kertas A4.
  3. Hasil Scan tadi masukan Ms Word office dan upload pada tautan link berikut  http://www.pdfonline.com/ untuk mengkonvert file word anda ke PDF (untuk kirim NISN)
  4. Hasil dari PDF online anda akan dikirim ke email anda atau anda bisa unduh langsung.
  5. Lalu apa saja yg dikirim ke ke alamat email ini : pdsp@kemdiknas.go.id
  6. Data formulir A1 yg diberi nama disimpan atau Save as dengan nama : Nomor NPSN-Nama sekolah              contoh: 12345678-SDN Gotong      Royong  Save As type harus : Excel 97-2003 Workbook
  7. Format PDF yg berisi data scan formulir A1 anda yg sdh di tanda tangani KS..

EKINERJA GURU ( PENILAIAN GURU )

EKINERJA
SISTEM PENILAIAN KINERJA GURU 
Fungsi dan tugas yang melekat pada jabatan fungsional guru dilaksanakan sesuai dengan aturan yang berlaku, maka diperlukan Penilaian Kinerja Guru (PK GURU) yang menjamin terjadinya proses pembelajaran yang berkualitas di semua jenjang pendidikan. 
Pelaksanaan PK GURU dimaksudkan bukan untuk menyulitkan guru, tetapi sebaliknya PK GURU dilaksanakan untuk mewujudkan guru yang profesional, karena harkat dan martabat suatu profesi ditentukan oleh kualitas layanan profesi yang bermutu. 



Hasil PK GURU dapat dimanfaatkan untuk menyusun profil kinerja guru sebagai input dalam penyusunan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dan dasar penetapan perolehan angka kredit guru dalam rangka pengembangan karir guru sesuai Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. 
Penilai dan guru yang dinilai akan dikenakan sanksi apabila yang bersangkutan terbukti melanggar prinsip-prinsip pelaksanaan PK GURU, sehingga menyebabkan Penetapan Angka Kredit (PAK) diperoleh dengan cara melawan hukum. Sanksi tersebut adalah sebagai berikut: 
Diberhentikan sebagai Guru atau Kepala Sekolah dan/atau Pengawas.
Bagi penilai, wajib mengembalikan seluruh tunjangan profesi, tunjangan fungsional, dan semua penghargaan yang pernah diterima sejak yang bersangkutan melakukan proses PK GURU.
Bagi guru wajib mengembalikan seluruh tunjangan profesi, tunjangan fungsional, dan semua penghargaan yang pernah diterima sejak yang bersangkutan memperoleh dan mempergunakan PAK yang dihasilkan dari PK GURU.
Untuk membuka website berikut linknya : http://ekinerjaguru.org


Registrasi Jika belum mempunyai akun
Periksa terlebih dahulu data sekolah anda, masukan kode NSS atau NPSN atau nama sekolah kemudian klik tombol cari untuk melihat apakah data sekolah sudah ada dalam database atau belum. Jika belum tersedia lakukan registrasi sesuai dengan petunjuk. Anda bisa login dengan user id dan password yang anda daftarkan. Jika dikemudian hari diketahui bahwa data anda tidak benar maka admin berhak untuk menghapusnya.. Bila sekolahan tidak mempunyai akun silakan registrasi menggunakan NPSN sekolah tersebut silakan klik DISINI untuk mendaftar. Klik input sekolah untuk daftar

Pengecekan Data Guru ( Dapodik )



Segera kirim ulang ke server apabila apliksi dapodik sudah di perbaiki
  1.  Maping rombel
  2. Kepala Sekolah tugas tambahan kepala sekolah 18 jam  bila ks mengajar mulok dan pelajaran lain usahakan KS mengampu sesuai serfitikasinya. Contoh kalau KS sertifikasi guru kelas, jangan mengisi ks di rombel menjadi guru bahasa Sunda atau SBK atau pelajaran lain tapi guru kelas sejumlah 6 jam, sebar tiap kelas 2 jam, jam mengajar guru kelas yang di masuki ks di kurangi 2 oleh jam mengajar KS (sesuai dengan PP no 74 tahun 2008).
  3. Isi kepangkatan dan berkala serta tunjangan PNS.
  4. Jika sudah benar segera di lakukan kirim server, terutama apabila sudah di cek data PTK nya jam mengajarnya double menjadi tidak linear misalkan 44 jam 56 jam juga wajib mengirim ulang seperti dari pusat sebagai berikut dari P2TK...dari bigbos juga menginfokan klo masih ada data yang dobel pada JJM nya maka silahkan upload ulang lagi dapodiknya smster 1 tentunya..soalnya ada scrift yang baru sekesai untuk mencegah data double.
  5. Jangan dulu melaporkan hasil apliksi semester II, tunggu instruksi untuk mengupload laporan aplikasi dikdas semester II.


Tolong di cek setiap PTK jangan sampai yang sudah mendapat sertifikasi tidak mendapatkannya tahun ini, leher para operator sekalian di pertaruhkan.

untuk mengecek PTK silahkan di link ini
http://116.66.201.163:8083/info.php
isikan NUPTK Pasword : yyyymmdd (tahun, bulan, tgl lahir PTK)

untuk mengecek proses pengiriman data silahkan di link ini
http://pendataan.dikdas.kemdiknas.go.id/
isikan email dan pasword yang ada di aplikasi masing masing

Aplikasi Pendataan Dikdas




1. Apa yang melandasi sistem pendataan pendidikan dasar ini? 
a. terbitnya instruksi menteri no.2 Tahun 2011 Tentang Pelaksanaan Pendataan di lingkungan Kemdikbud
b. Permendiknas no.36 Tahun 2011 tentang petunjuk teknis penggunaan dana BOS

2. Untuk apa pendataan ini?
a. untuk memenuhi seluruh kebutuhan data Kemdikbud sebagai dasar perencanaan dalam pelaksanaan program yang bersifat transaksional dengan Daerah maupun langsung dengan sekolah dan seluruh entitas data Pendidikan seperti : Penyaluran dana BOS, Rehab, Tunjangan Guru, Subsidi siswa miskin.
3.  Apa manfaatnya bagi sekolah ? 
a. Dalam aplikasi sudah tersedia fasilitas untuk membuat profil sekolah dan asbsensi kelas
b. Data sekolah yang terupdate dapat dikenali langsung oleh pusat akan kebutuhan dan kondisinya
c. Untuk PTK, terfasilitasi sistem updating data setiap ada perubahan yang terjadi pada masing-masing individu PTK
d. Alokasi anggaran BOS berdasarkan basis data yang dikirimkan oleh sekolah
e. untuk Siswa akan mudah dikenali keadaan dan kebutuhannya (prestasi, beasiswa, subsidi, dll)
f. Sekolah yang tidak melakukan pendataan individual inI kemungkinan tidak teridentifikasi untuk penyaluran  program program pendidikan yang digulirkan oleh Kemdikbud.

4. Apa manfaatnya bagi Dinas Pendidikan Provinsi/Kab/Kota ?

a. Bagian dari Tupoksi yang bersinergi dengan program-program Kemdikbud
b. Profil Pendidikan Prov/Kab/kota yang memiliki akurasi tinggi dengan berbasiskan data individual
c. *)Sedang dibangun sistem pemanfaatannya agar dinas Pendididkan Kab/kota dapat merasakan pemanfaatannya secara langsung

=============================
PETUNJUK TEKNIS BAGI SEKOLAH
=============================

1. bagaimana cara memulai pendataan di sekolah? 

a. unduh formulir pendataan beserta petunjuk pengisiannya
b. fotocopy formulir tersebut sebanyak Siswa (F-PD), PTK (F-PTK) dan sekolah (F-SEK)
c. distribusikan ke masing-masing, jika memungkinkan pihak sekolah mengadakan pertemuan panduan pengisian formulir secara bersama
d. Formulir diisi secara manual (tulisan tangan) diisi secara lengkap, benar dan valid
e. Formulir pendataan yang sudah terisi dikumpulkan secara kolektif di sekolah masing-masing
f. Diperiksa kebenaran isi secara umum oleh pihak sekolah
g. di inputkan ke dalam aplikasi pendataan
h. dikirimkan melalui aplikasi pendataan yang terkoneksi internet
2. bagaimana dengan nomor-nomor pendataan yang sudah ada sebelumnya (NPSN, NSS, NUPTK, NISN, dll) ? 
a. aplikasi sudah bersifat prefilled (terisi sebagian) sudah ada nomor NPSN, NSS, NUPTK
b. jika ada data yang keliru di update dengan data yang benar
c. NPSN, NSS, WAJIB diisi bagi sekolah yang MEMILIKI,  bagi yang belum di KOSONGKAN
d. NISN WAJIB diisi bagi SISWA yang MEMILIKI bagi yang belum di KOSONGKAN
e. NUPTK WAJIB diisi bagi PTK yang MEMILIKI bagi yang belum diKOSONGKAN
3. Kapan di mulai pendataan? 
a. dimulai dari sekarang dan berakhir pada bulan september 2012, sebagai data pengajuan anggaran BOS 2013
b. ketika penerimaan siswa baru (juni-juli) tinggal updating data siswa baru dan siswa yang naik kelas
4. bagaimana cara mempelajari aplikasinya? 
a. baca manual aplikasi nya,
b. lihat video tutorialnya
c. tanyakan ke helpdesk online kami atau ke KKDATADIK DINAS PENDIDIKAN KABKOTA setempat
5. Bagaimana pendanaannya? 
a. baca petunjuk teknis pendataan bagi sekolah, contoh perhitungannya ada didalamnya
b. anggaran koneksi internet, dll dianggarkan di dalam dana BOS
6. diprogram lain seperti rehab, siswa miskin, dll sekolah kami mendapat formulir yang sama, bagaimana penjelasannya? 
a. betul, pendataan bersifat satu pintu untuk semua pelaksanaan program
b. aplikasi dan formulirnya menggunakan aplikasi pendataan pendidikan dasar
c. semua pendataan melekat pada seluruh pelaksanaan program kemdikbud
===================
PETUNJUK TEKNIS APLIKASI
==================
PASTIKAN anda telah membaca dan memahami Manual Aplikasi Pendataan dan lihat Video Tutorial Aplikasi Pendataan Desktop
1. Bagaimana cara penginstalan aplikasi pendataan ini ?
a Jika mendapatkan DVD
b.  Masukan DVD, pilih Menu Aplikasi Pendataan. Kemudian pilih setup.exe
c.  Install hingga selesai
d. JIka Mendownload/mengcopy dari Kabupaten/Kota
e. Pilih setup.exe
f.  Install hingga selesai
g. Setelah selesai installasi, maka silahkan isi Nama Lengkap, Email, Password dan Kode Registrasi Sekolah
h.  Setelah registrasi berhasil, maka di dalam aplikasi terdapat data awal Sekolah dan data awal PTK yang bersangkutan.
2. Mengapa penginstallan aplikasi gagal di lakukan ?
kasus 1
a. Karena sudah terinstall aplikasi versi lama. Pastikan sebelum install aplikasi baru, aplikasi sebelumnya harus berhasil di uninstall.
b. Uninstall Aplikasi Adobe Air
c. Hapus Folder di C:Program Files Aplikasi Pendataan
d Untuk Windows 7 dan Vista
e Hapus C:Users:[user yang dipakai]:AppData: Roaming:id.go.kemdikbud.dikdas.pendataan.desktop
f. Untuk Windows XP
Hapus C:Documents and Settings[user yang dipakai]-Application Data-id.go.kemdikbud.dikdas.pendataan.desktop
g. Baru kemudian install aplikasi yang baru (versi 1.0.12)
kasus 2
biasanya kegagalan aplikasi terjadi di beberapa kasus :
a. sudah terinstal aplikasi pendataan sebelumnya
solusi : uninstall terlebih dahulu aplikasi yang existing, hapus folder c:aplikasi pendataan install kembali aplikasi
b. menggunakan koderegistrasi kkdatdik dalam keadaan offline
solusi : jika menggunakan koderegistrasi kkdatadik sebaiknya dalam keadaan online, catatan penting aplikasi dengan menggunakan koderegistrasi kkdatadik hanya untuk upload data sekolah tidak untuk mengentri data
c. menggunakan OS XP dibawah 64 bit
solusi : uninstall aplikasi tersebut hapus folder c:aplikasi pendataan install kembali aplikasi
d. di block oleh antivirus
solusi : pastikan antivirus di koputer anda dalam keadaan tidak aktif, matikan fungsi antivirus kalau perlu uninstall antivirus tersebut
e. salah kode registrasi
solusi : pastikan kode registrasi itu sesuai yang tertera di daftar kami, sebaiknya copy paste saja, khawatir salah ketik, sebab sering tertukar antara 0 dengan o (nol dengan huruf o)
3. Mengapa kode registrasi perlu dan bagaimana cara mendapatkannya ?
a. Kode registrasi sebagai prasyarat untuk dapat masuk kedalam aplikasi pendataan dikdas.
b. Cara mendapatkannya :
c. Akan dikirimkan paket DVD ke sekolah masing-masing; atau
d. Silahkan hubungi KK-DATADIK Kab/Kota setempat untuk mendapatkan kode registrasi sekolah.
4. Apakah sama aplikasi pendataan sekolah yang satu dengan sekolah yang lainnya ?
a. SAMA, yang membedakan hanyalah kode registrasi sekolah masing-masing
5. Kenapa ketika kita log out kemudian kita log in kembali data yg tersimpan tiba-tiba hilang?
a. Kemungkinan aplikasi masih menggunakan versi lama (dibawah atau sama dengan v.1.0.11) gunakanlah versi v.1.0.12
b. Ketika menginput data, data yang dimasukan invalid (tidak benar). Sehingga data yang diinput setelahnya tidak akan tersimpan. Dan ketika muncul windows peringatan data invalid, maka segera diperbaiki karena system tidak akan menyimpan data sebelum data di perbaiki
6. Saya sudah mengentry data pada komputer yang tidak terkoneksi internet. Kemudian saya ingin mengirimkan ke dalam server pendataan, bagaimana caranya?
a. Silahkan “Simpan Lokal”
b.  Kemudian bawa file hasil simpan lokal tersebut ke komputer yang terhubung dengan koneksi internet
c. Install Aplikasi Desktop di komputer tersebut
d. Klik “Restore”, cari file yang sebelumnya. Maka aplikasi akan menutup dengan sendirinya
e. Silahkan masuk kembali ke dalam aplikasi, dan klik tombol “Kirim Server” untuk mengirimkan data ke server pendataan. Hingga progress bar tercapai 100%
7. Bagaimana memastikan bahwa data yang telah saya kirim masuk ke dalam system?
a. Silahkan lihat di http://infopendataan.dikdas.kemdiknas.go.id untuk progress pengiriman tingkat sekolah.
b. Pilih propinsi, kabupaten/kota, kecamatan dan cari “status pengiriman“ data sekolah anda.
c. Untuk melihat “status data”, paling lama tunggu 1×24 jam apakah data tersebut
d. Belum di proses (default)
e. Berhasil di proses (1×24 jam)
f. Gagal di proses (1×24 jam)
8. Apakah setiap melakukan input data di komputer/ di laptop harus terhubung ke internet?
a Tidak harus. Di aplikasi pendataan ini kami sediakan fasilitas simpan lokal tujuannya ketika kita ingin meng-input data namun tidak ada koneksi internet maka kita bisa di simpan lokal dahulu dan ketika telah telah tersambung maka bisa langsung kirim ke server.
9. Jika saya ada pertanyaan dan kendala dalam penggunaan aplikasi pendataan. Siapa yang harus saya hubungi ?
a. KK-Datadik Propinsi/Kabupaten/Kota setempat
b. Chat dengan Technical Support Pendataan.
c. telepon CS kami
Website    : http://pendataan.dikdas.kemdikbud.go.id
Forum     : http://infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id/forum/index.php
email   : infopendataan.dikdas@gmail.com
Contact Person:
- Shandy    (085860092216)
- Hasan     (085721511354
- Yusuf     (085880745015)
- Alfi        (085694496800)
- Arfan        (081384640290)
- Dimas        (081913204343)
- Faisal Uje     (085720003549)
- Kholid    (08997162884)
Technical Support:
- Customer services 1         (YM: infopendataan_cs1@yahoo.co.id)
- Customer services 2           (YM: infopendataan_cs2@yahoo.co.id)
- Customer services 3        (YM: infopendataan_cs3@yahoo.co.id)
- Customer services 4        (YM: infopendataan_cs4@yahoo.co.id)
- Customer services 5        (YM: infopendataan_cs5@yahoo.co.id)
- Shandy          (Skype: shandy_aprilianto)
- Elan               (YM: el_pitak, Skype: elan.hermawan)
- Henry             (YM: ryu354, Skype: ryu354)
- Ilham             (YM: ilham_hambali, Skype: ilham_hambali23)
- Hasan            (YM: has_it2, Skype: hasanc354)
- Indra             (YM: drawhy, Skype : drawhy)
- Edwin             (YM: edwinjuanda, Skype : edwinjuanda)
- Donny             (YM: donny_fauzan, Skype : zaunaf)

10. saya sudah pernah mengentry data dengan menggunakan aplikasi versi 2011, bagaimana cara menggunakan aplikasi versi 2012? 

a. konversikan database yang pernah dientry dengan aplikasi 2011 dengan link : pendataan.dikdas.kemdiknas.go.id/konversi.php
b. restore database dengan menggunakan aplikasi 2012, update data terbaru sekolah anda, klik validasi trasi sekolah terlebih dahulu, kemudian kirimkan ke server
11. sekolah saya memiliki lebih dari satu kode registrasi sekolah, kode registrasi mana digunakan? 
a. ambil kode registrasi yang memiliki PTK terbanyak, karena kemungkinan hasil pembersihan data sekolah anda memiliki lebih dari satu akun data.
b. konsisten dengan menggunakan kode tersebut, abaikan kode sekolah yang kembar lainnya.
12. Bagaimana cara mendapatkan koderigstasi sekolah dan dboffline nya?
a. silahkan hubungi customer service/ helpdesk kami
b. tanyakan ke KKDATADIK Kabkota di wilayah kerja saudara

13. Data yang sudah di entry hilang, setelah aplikasi ditutup?
masalah yang sering terjadi adalah data yang sudah dientry kedalam aplikasi hilang :
1. data yang di entrykan ke dalam aplikasi belum valid, untuk memastikannya, silakan tambahakan 1 field lagi untuk \\\”mensave\\\” data hasil inputan
2. ada flag merah disisi kanan atas data hasil entry itu menunjukkan data belum dapat disimpan dalam aplikasi
3. refresh akan menghilangkan data yang sudah bapak entry jika data yang diisikan belum valid.
4. tekan enter untuk masuk ke record kedua, maka akan terlihat peringatan dari sistem jika ada data yang belum valid, betulkan data tersebut, jika tidak data yang sudah diisikan tidak akan tersimpan / hilang
5. pastikan tidak ada tanda \\\”flag merah\\\” sebelum kluar dari aplikasi
6. tekan enter atau tambah data kosong untuk memastikan inputan bapak tersimpan kemudian refresh.
7. back up data yang sudah dientry ke dalam simpan lokal

14. Dalam aplikasi tersedia fasilitas export import excell, bagaimana cara menggunakannya?
dalam aplikasi tersedia fasilitas export dan import kedalam format excell, dengan penjelasan sebagai berikut :
TUJUAN:
1. untuk memfasilitasi data yang biasanya sudah tersedia di dalam masing-masing sekolah sehingga tidak perlu menuliskan ulang satu persatu data yang sudah dimiliki oleh sekolah seperti nama siswa, NISN, Tempat lahir, tanggal lahir, dll, sesuai data yang dimiliki sekolah sehingga sekolah cukup copy-paste saja dari data yang sudahdimiliki sekolah sebelumnya.
2. memudahkan untuk mengentry data kedalam format excell (bagi yang familiar)
ATURAN :
1. Setting terlebih dahulu regional komputer anda ke dalam settingan waktu indonesia, dengan cara: start- control panel- clock, Language and region pilih format INDONESIA
2. excell (.xls dan .csv) hasil export dan import hanya dapat digunakan \”SATU KALI PAKAI\”. hapus 2 file tersebut setelah digunakan, untuk mengentri kembali data kedalam excell harus dimulai dari export dari aplikasi.
3. data yang masuk hasil import ke dalam aplikasi akan menimpa seluruh nya data yang ada di panel siswa jika mengimport ke dalam panel siswa, atau PTK jika mengimport ke dalam panel PTK
4.  ENTRY data ke dalam bentuk excel hanya sesuai dengan format hasil export dari aplikasi, yang berisi angka-angka atau kode
5. Hanya untuk keperluan entry data primer Siswa dan PTK saja, sedangkan untuk entry data rinciannya masing-masing PTK tetap didalam aplikasi
6. ikuti cara inputan sesuai dengan contoh record / isian data pertama
CARA:
1. isikan lebih dahulu satu \”record\”/ isian secara lengkap siswa
2. pilih tab export excell, simpan dalam direktori dalam bentuk excell (.xls atau .xlsx)
3. buka file tersebut dan entry data ke dalam file tersebut dengan format isian seperti contoh isian paling atas hasil entryan dari aplikasi
4. dapat dilakukan copy paste dari data yang dimiliki sekolah, ke dalam excell tersebut sehingga mengurangi beban entrian sesuai dengan kolom yang ada (misal sekolah sudah memiliki file excell nama-nama siswa, NISN, nama PTK, dll)
5. setelah selesai entry data simpan file tsb dalam format .csv (save as – pilih format: csv comma delimited)
6. import ke dalam aplikasi file .csv tersebut, maka data yang anda entry dalam file excell akan masuk ke dalam aplikasi dan menimpa data seblumnya.
7. hapus file excell baik .xls maupun .csv nya, jika anda ingin menambahkan data lagi, export lagi melalui aplikasi dan lakukan langkah-langkah seprti diatas .
8. atau anda dapat melanjutkan entry data didalam aplikasi nya
9. INGAT file .xls dan .csv hanya di gunakan satu kali pakai, setelah selesai export – import HAPUS file tsb
10. fasilitas ini digunakan jika anda ingin mengentri data dalam bentuk excell dengan tujuan dapat mencopy-pastekan data yang sudah tersedia di sekolah sebelumnya